Takdir ( Bagian 1 )

Kamis, 13 Maret 2008

Pagi-pagi berangkat ke kampus. Tadinya maunya menyelesaikan urusan-urusan perkuliahan yang udah mau kelar, tapi kok ya ada-ada aja urusannya, "mau ngurus kelulusan aja kok repot" begitu pikir saya. Saking banyaknya urusan yang harus diurus hanya untuk mendapatkan gelar, tiba-tiba saja jadi malas ngurusinnya, yang ngurus surat bebas pinjam perpus lah, yang ngurus surat laboratorium lah, dan lain-lain, pusing kepala ini.

"Nasib-nasib" begitu pikir saya lagi. Sempat mau pulang aja. Eeeiiittt tiba-tiba teringat lagi kemaren baca buku tentang berjudul Takdir, karangan Agus Mustofa, Penerbitnya PadmaPress. Didalam buku tersebut dijelaskan bahwa konsep Takdir dan Nasib adalah berbeda. Pada awalnya baca buku ini saya sempat bingung, takdir dan nasib kok berbeda, apa bedanya?. Ternyata menurut buku ini nasib adalah konsep yang menjelaskan bahwa rejeki sudah ditetapkan sejak kita lahir didunia ini, sedang takdir menjelaskan bahwa usaha kita dalam mencari rejeki dan hasil akhirnya ditentukan oleh usaha kita kemudian dan ditetapkan oleh ALLAH berdasarkan cara-cara yang kita pakai dalam berusaha.

Kalian-kalian yang baca postingan saya pasti pada bingung ya, apa coba hubungan takdir dengan blog ini yang membahas make money online. Okelah kita kembali dulu, setelah saya teringat2 akan konsep takdir ini, saya baru menyadari bahwa masalah yang terjadi saat ini timbul karena perbuatan saya sendiri. 2 bulan yang lalu seorang teman saya menyarankan agar mengurus permasalahan untuk kelulusan diurus saat itu juga, tapi karena saya malas jadi saya pikir sekalian aja ntar kalo nilai2 semua udah keluar, nyatanya saya sekarang kelabakan ngurusnya, blom lagi ternyata SK lulus keluarnya sangat lama, bisa ampe 1 minggu coba.

"Kalau saja saya ngurus saat itu juga, mungkin ga jadi kaya gini" dalam hati saya bergumam. Nah sekarang back to laptop, kenapa saya bahas masalah takdir diblog ini, karena saya merasa kegagalan dalam make money online yang saya maupun mungkin orang yang lain rasakan saat ini, adalah buah dari cara-cara yang kita pake dalam berusaha. Mungkin ada yang keliru, seperti kadang untuk melakukan blogging aja ada kendala malas, punya e-book internet marketing segudang tapi nggak juga diterapin cara2nya. Mungkin juga kita menggunakan cara2 yang bisa dibilang ilegal. Inti dari masalah ini adalah, jangan pernah menyalahkan nasib kalo kita gagal, dan teruslah berusaha dengan cara-cara yang legal tentunya., suatu saat pasti kita bisa petik hasil dari usaha kita entah itu lambat atau cepat tergantung seberapa banyak kita berusaha.

Moga-moga aja postingan kali ini bisa membantu teman-teman blogger yang lain dan para internet marketer, biar bisa lebih semangat dalam berusaha. Kalau ada yang senasib ( eh salah ding, barusan juga ngomong takdir ) punya masalah yang sama dengan saya silahkan bisa sharing.